playlist quu :)


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Jumat, 31 Desember 2010

tulisan 3 "makanan batak = makanan Jepang"

Makanan Batak = Makanan Jepang

          Di muka bumi ini terdapat 5 benua yaitu Benua Amerika, Benua Eropa, Benua Afrika, Benua Australia, dan Benua Asia. Di masing-masing benua pun terdapat berbagai makhluk hidup baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan. Satu dengan benua lain pasti memiliki banyak perbedaan baik dari fisik manusia, iklim, pola hidup, selera konsumen, pendidikan, jenis makanan, dll. Menu makanan Jepang lebih banyak menggunakan ikan yang tidak dimasak. Untuk penduduk Jepang, makanan ini sudah biasa namun bagi penduduk Indonesia makanan tersebut tidak wajar.

        Ternyata, bukan hanya makanan orang Jepang yang menu makanannya menggunakan ikan yang tidak dimasak namun makanan khas Suku Batak, Sumatera Utara ada pula yang menu makanannya menggunakan ikan yang tidak dimasak. Nama makanan tersebut “naniyura”. Di daerah Sumatera Utara bukan hanya terkenal dengan ulos, kue bika ambon, selai srikaya, sirup markisa, dan ternyata “naniyura” pun adalah makanan yang cukup terkenal di daerah ini. “Naniyura” adalah makanan yang bahan bakunya dari ikan mas yang dikasih bumbu + jeruk nipis.
      Ayo, sama-sama kita kita masak lihat bagaimana proses pembuatannya dan bahan-bahan apa yang dibutuhkan antara lain:

BAHAN :
500 gram ikan mas
1 sendok teh air jeruk nipis
1/2 sendok teh garam
1 batang serai, dimemarkan

BUMBU HALUS :
6 butir bawang merah, dibakar
5 buah cabai merah
2 buah cabai rawit
8 butir kemiri sangrai
3 cm kunyit
2 sendok teh ketumbar
2 cm lengkuas
2 sendok teh garam

CARA MEMBUAT :
1. Bersihkan ikan, belah punggungnya lalu tambahkan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 15 menit.
2. Lumuri bumbu halus.
3. Letakkan di pinggan tahan panas lalu kukus sampai matang.
4. Biasanya Nani Ura disajikan mentah, tanpa dikukus
          Berikut gambar naniura


        Ikan mas yang sudah dilumuri garam serta bumbu yang sudah dihaluskan & jeruk nipis akan matang setelah 8 jam meskipun tidak dimasak menggunakan api. Hal ini disebabkan ikan mas matang karena asamnya jeruk nipis yang didiamkan selama 8 jam.

        Naniyura ini biasanya disajikan ketika ada pesta pernikahan, pesta adapt, natal, dll. Naniyura pu lebih nikmat disajikan dengan sepiring nasi + daun singkong dan dengan minum sirup markisa. Anda masih merasa tidak percaya atau bahkan bertanya-tanya bagaimana bisa ikan mas matang tanpa dimasak menggunakan api. Silahkan anda coba sendiri agar tidak penasaran.

Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar